Kukuhkan Kompak API Jateng, Pemprov : Upaya Pencegahan Korupsi

- 9 Agustus 2023, 12:30 WIB
Wali Kota Tegal bersalaman dengan Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango
Wali Kota Tegal bersalaman dengan Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango /doc/

SEPUTAR PANTURA - Dalam rangka peningkatan upaya pencegahan korupsi di Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng bentuk dan mengukuhkan Komunitas Penyuluh Antikorupsi dan Ahli Pembangun Integritas (Kompak API) Jateng, sekaligus menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi Tim Penilai Desa Antikorupsi.

Selain itu juga dilaksanakan Deklarasi Antikorupsi Bupati/Walikota Se-Jateng bersama Gubernur Jateng.

Pembukaan Pengukuhan Kompak API Jateng, Sosialisasi Anti Korupsi dan Bimtek Tim Penilai Desa Antikorupsi yang diselenggarakan di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Komplek Gubernuran Jawa Tengah, Kota Semarang, Senin 7 Agustus 2023 kemarin.

Baca Juga: Cek Kiprah Polisi RW, Kapolres Pemalang Sambangi Desa Wanamulya

Acara dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan dihadiri Wakil Ketua KPK RI Nawawi Pomolango dan Tim KPK RI.

Acara tersebut dihadiri, Bupati dan Wali Kota Se-Jawa Tengah termasuk Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono yang didampingi oleh Plt. Inspektur Kota Tegal, Dyah Kemala Sinta, Forkopimda Jateng, Kepala Perangkat Daerah Pemprov Jateng, Inspektur Kab/Kota Se-Jawa Tengah serta Tim Penilai Desa Antikorupsi Prov/Kab/Kota.

Dalam sambutannya Ganjar menghimbau agar dalam upaya pencegahan korupsi memaksimalkan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP). Menurutnya, APIP harus berdaya dengan inisiatif.

Baca Juga: Setiap Jumat, Polres Pemalang Buka Pelatihan Gratis untuk Ujian Praktik SIM

Selain itu Gubernur Jawa Tengah menekankan seorang pemimpin harus berintegritas dan menjadi contoh sikap antikorupsi. Sehingga selain praktik korupsinya dapat ditekan, pelayanan publik juga akan maksimal dan masyarakat terlayani dengan baik.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK RI, Nawawi Pomolango menyampaikan terimakasih kepada Pemprov Jateng yang telah berupaya melakukan pencegahan tindak korupsi. Ia melihat pengkukuhan Kompak API sebagai sebuah langkah yang bagus dalam rangka pencegahan korupsi.

Halaman:

Editor: Dimas Reza Y


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x